BISMILLAH

بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI KAMPUS S.M.B. (STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM) - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA KAMPUS S.M.B. - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - BLOG INI MASIH BANYAK KEKURANGAN, HARAP MAKLUM - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

BERSYUKUR

BERSYUKURLAH

MAKA ANDA AKAN BAHAGIA

Menu

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Selasa, 24 Juni 2014

CARA MUDAH MEMBUAT WORDPRESS FREE

Cara Membuat Blog di Wordpress Gratis

Diposkan oleh Bangsa Prabu
Tulisan Cara Membuat Blog di Wordpress Gratis ini sebenarnya lebih mengarah ke Wordpress.com, karena ini adalah layanan blog gratis yang diberikan Wordpress untuk para blogger. Tapi jika Anda ingin menggunakan Wordpress.org, yang perlu Anda miliki adalah nama domain, misal namadomainku.com + hosting (semacam Hardisk Online). Harga Domain kurang lebih sekitar 100rb. Tapi untuk Hosting tergantung berapa kapasitas yang diperlukan, ada pula Hosting yang menawakan fasilitas Unlimited. Harganya pun bermacam-macam, antara 200rb - sampai jutaan rupiah per tahun.

Oke, dari judul sudah jelas adalah cara membuat blog gratis di Wordpress, jadi yang akan dibahas di Blog Ctrl + D ini adalah yang gratis.

Untuk pengguna lokal - khususnya di Indonesia -, WordPress.com memiliki 2 versi blog, yaitu"
  • Blog Wordpress versi Bahasa Inggris --> http://wordpress.com/
  • Blog Wordpress versi Bahasa Indonesia  --> http://id.wordpress.com/

Pilihan bahasa ini berguna untuk mempermudah dalam pengaturan blog nantinya. Sekedar saran, sebaiknya lebih dibiasakan menggunakan bahasa Inggris, karena hampir semua layanan blog gratis khususnya lokal, menggunakan platform Wordpress. Bahasa Inggris yang digunakan juga tidak begitu berat, dan ini supaya lebih terbiasa saja. Tapi pilihan tergantung Sobat.

Tahapan Cara Membuat Blog di Wordpress bagi Pemula:

 1. Silahkan ketik Wordpress.com di browser Anda, atau klik --> http://wordpress.com

cara membuat blog di wordpress bagi pemula

2. Setelah itu cari tulisan Get Started, kemudian diklik.
3. Isi Formulir Pendaftaran Blog: Alamat email Anda, Username, Password dan Alamat blog.

cara membuat blog di wordpress lengkap

  • Email Addrees: alamat email valid Anda, misalnya belajarbuatblog@gmail.com.
  • Username, yaitu nama yang akan digunakan saat akan login ke dashboard blog wordpress Anda. Diusahkan unik, Boleh pakai nama Anda Lengkap atau nama inisial, yang penting mudah dihapal. Username biasanya nyambung, contoh sribaginda.Bisa huruf kecil atau huruf besar.
  • Password, yaitu kata kunci rahasia (sandi) yang akan dpakai pada saat login. Username dan Password akan selalu ditanyakan ketika kita aka login ke dashboard wordpress. Hindari menggunakan password yang umum, misalnya admin, 12345, tanggal kelahiran. Ini mencegah agar orang lain tidak bisa masuk ke blog wordpress Anda. Contoh password yang bagus: (4ku&k4mu).
  • Blog Address, yaitu alamat blog Anda. Misal, http://belajarbuatblog.wordpress.com. Carilah yang unik dan mudah dihapal. Misalnya tempatcerita.wordpress.com. Perlu diketahui bahwa alamat blog hanya ada 1 pemilik. Artinya tempatcerita.wordpress.com cuma ada 1 orang pemiliknya. Jika nanti menemukan tulisan "Sorry, that site already exists!" berarti ada orang lain yang sudah menggunakannya. Wordress.com juga menyediakan domain berbayar akhiran .com, net. .com, .org, dan masih banyak lagi. Tapi di sini tidak saya bahas, karena itu tidak termasuk bagian tutorial ini, karena bukan gratis. 
  • Setelah semuanya selesai silahkan klik tulisan "Buat Blog" atau "Create Blog".
cara membuat blog di wordpress


4. Nah, setelah muncul halaman baru, nanti blog yang baru didaftarkan tersebut akan aktif, apabila sudah melakukan aktivasi di email. Caranya cek kotak masuk di email Anda. Buka kiriman email dari Wordpress.com, kemudian klik tulisan atau kode Activate Blog.




Cara Membuat Blog di Wordpress Gratis Lengkap Pemula


5. Oke, kalau sudah sampai di sini, Selamat Anda telah berhasil membuat Blog Baru di WordPress.com.  Setelah blog tersebut aktif, WordPress akan membawa Anda ke halaman dashboard atau halaman administrasi blog. Anda bisa memulai membuat tulisan baru (Add Post), membuat halaman baru (Add New Page) seperti Tentang Saya, Hubungi Saya, dan sebagainya.

Lihat menu yang ada di sisi sebelah kiri dashboard Wordpress Anda.

Cara Mudah Membuat Blog di Wordpress Gratis

*****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar