BISMILLAH

بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI KAMPUS S.M.B. (STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM) - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA KAMPUS S.M.B. - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - BLOG INI MASIH BANYAK KEKURANGAN, HARAP MAKLUM - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

BERSYUKUR

BERSYUKURLAH

MAKA ANDA AKAN BAHAGIA

Menu

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Rabu, 29 Oktober 2014

Cara Copy Kontak Nokia ke Android

Copy Kontak Nokia ke Android

Saya mau bercerita pengalaman menggunakan Android nih, upss pemula saiaaaa, hehehe alhamdulillah. Maaf sebelumnya, karena saya pemula untuk urusan ‘hape pintar’ yang satu ini, mungkin teman-teman justru malah sudah pernah punya pengalaman tentang hal ini, yuk kita share bareng-bareng :).
Folder Kontak
Folder Kontak
Ceritanya saya menggunakan Lenovo dengan OS Android ICS versi 4 seingat saya. Awalnya saya ‘kagok’ dengan hape ini, saya gak tau tempat setting kontak itu dimana, biasanya kalau hape yang lain khan ada menu copy kontak dari kartu (SIM) atau dari phone. Lah ini, saya sempat dibuat bingung.
Usut punya usut saya coba bertanya ke temen-temen yang pernah melakukannya, meskipun masih buntu awalnya, alhamdulillah ketemu juga, plus tentu saja berkat dibantu juga oleh ‘paman saya’ yang begitu terkenal di dunia itu, Google, heheehehe.
Berikut adalah cara cepat memindahkan kontak kita ke Android. Langkah pertama yang kita lakukan adalah carilah folder kontak di hape Nokia kita. Setelah ketemu, copy file-file yang ber-ekstensi .vcf ke dalam satu folder dan buatlah satu file utama dari kumpulan file-file .vcf tadi, tujuannya untuk memudahkan ketika melakukan ekstrasi ke Android.
Copy VCF File
Copy VCF File
Nah, sudah dibuat satu file-nya khan, lanjut akseslah account google-nya (biasanya biasa disebut gmail), yang belum punya ya daftar dulu lah. Setelah account dibuat, login dengan user yang sudah dibuat dan langsung saja masuk ke menu contact, klik bagian tersebut. Nanti akan muncul beberapa folder kontak default gmail.
Berhubung tujuan kita kali ini adalah import dari Nokia, maka kita pilih menu import contact. Masukkan nama file .vcf yang sudah kita buat tadi, dan tunggu beberapa saat dooorrrrr kontak sudah tercopy ke account gmail kita. Bentar-bentar, pasti bertanya-tanya khan, kenapa gak langsung saja copy dari hape ke hape sih???, nah itu saya belum tau caranya hehehe, saya baru belajar yang cara seperti ini.
OK lanjut dulu ya, kalau sudah selesai copy ke account gmail/google. Langkah selanjutnya adalah kembali ke hape Android. Masuk, ke menu contact, lalu pilih bagian setting dan masuklah ke menu account & sync. Di sana nanti akan muncul banyak pilihan dari account yang kita punya di hape.
Menu Setting Contact
Menu Setting Contact
Pilih Account
Pilih Account
Nah, dari sekian banyak pilihan itu, pilihlah account gmail untuk diaktifkan/sync atau tekan sampai berubah warna indikatornya untuk menandakan bahwa sync aktif. Untuk lebih detail lagi kita bisa klik bagian tersebut, karena di dalam sync ada beberapa  detail yang mungkin kita ingin aktifkan selain contact, misalnya email sync.
account sync
account sync
contact-to-display
Ok, selesai dari situ, kembali ke contact dan pilih menu contact to display, akan muncul beberapa account seperti yang kita lihat tadi di menu account & sync. Kali ini kita akan memilih account gmail, karena kita ingin menampilkan kontak-kontak dari account gmail. Namun, jika kita ingin menampilkan di hape Android sesuai keinginan kita istilahnya customize, maka pilihlah menu customize. Selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar