Blogger Widgets

ZARMI SUKSES


web widgets

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - KALAU ADA KRITIKAN YANG MEMBANGUN SILAKAN DIKIRIMKAN KE KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Rabu, 17 Desember 2014

MAKALAH JENIS-JENIS OPERASI KOMPUTER

MAKALAH JENIS-JENIS OPERASI KOMPUTER ( OS )




BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perang kat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan -dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pa da sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya system kom -puter.
Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu 
1.    kenyamanan 
2.    membuat penggunaan komputer menjadi lebih nyaman, efisien 

penggunaan sumber-daya sistem komputer secara efisien, serta mampu berevolusi  sistem ope rasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian ser ta pengajuan sistem-sistem yang baru.

1. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi dalam bab ini, mahasiswa diharapkan mampu:
          Memahami komponen pada sistem operasi, managemen yang diatur sistem operasi dan layanan pada sistem operasi.
          Mengetahui beberapa struktur sistem operasi.
          Agar dapat merancang sendiri atau memodifikasi sistem operasi yang telah ada sesuai kebutuhan khusus kita.

BAB II
PEMBAHASAN


A  KONSEP DASAR SISTEM OPERASI
1. Pengerti Sistem Operasi
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

2. Sistem operasi Komputer 
adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

B. JENIS-JENIS OPERATING SYSTEM (OS)

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting. Berikut adalah Jenis-jenis  Sistem Operasi beserta kelebihan dan kekurangan Sistem Operasi tersebut.
Sistem Operasi untuk komputer :
 


1. UNIX

 


UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Mul ti-Tasking dan Multi User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat di gunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan me nyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini. Sistem operasi yang paling awal ada untuk kom puter. Merupakan induk dari sistem operasi linux.

Kelebihan UNIX:

1.      Sistem operasi gratis.
2.      Sudah terdapat aplikasi multimedia dan desain grafis yang lengkap.
3.      Rentan terhadap virus.
4.      Tampilan desktop yang menarik (bagus).

Kekurangan Unix:

1. Membingungkan (kurang familiar dibandingkan dengan windows).
2. Format file sedikit.
3. Banyak software yang kurang compatible.

PERKEMBANGANNYA

Pada mulanya UNIX dikembangkan dengan DEC (Digital Equipment Corp) tipe PDP-7. UNIX pada mulanya digunakan untuk proyek pemrosesan teks. Edisi pertama muncul pada tahun 1971 dengan beberapa kemampuan seperti sistem file, pengelolaan proses, sistem antar muka dan beberapa utilitas.
Edisi kedua muncul pada tahun 1972 dan UNIX masih ditulis dalam bahasa mesin (assembly). Thompson mulai bekerja dengan bahasa B turunan BCPL. Ritchie mengadakan perbaikan dengan menghasilkan bahasa C. Ternyata bahasa C cukup handal dan banyak utilitas yang dibuat dengan bahasa C.
Tahun 1973, UNIX ditulis kembali dengan menggunakan bahasa C dan menjadi sukses besar. UNIX dikenal sebagai sistem operasi yang diimplementasikan dengan bahasa C.
UNIX terus dikembangkan dan sistem V merupakan pengembangan dari UNIX Sistem III yang diproduksi AT&T. Versi ini disesuaikan dengan IBMPC-XT, yang kemudian disusul versi VII yang dikeluarkan oleh organisasi penelitian Bell Labs tahun 1979. Kemudian terciptalah Berkeley 4.2 BSD dari University of California sebagai perbaikan dari versi VII.



2. LINUX 



Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald. Merupakan sistem operasi open source artinya bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas. Turunan linux atau yang dikenal dengan distro linux banyak sekali macamnya. Mungkin linux merupakan sistem operasi yang paling banyak. Beberapa di antaranya yaitu: Debian, Suse, Red Hat (Fedora), Slackware, Ubuntu, Backtrack, dan lain-lain.

Kelebihan linux :

1. Banyak digunakan dalam operasi jaringan.
2. Bekerja pada dua mode, grafis dan teks.
3. Pengoperasian tidak memerlukan lisensi.


Kekurangan Linux :
1.      Salah satunya kurang familiar bagi yang masih awam.


PERKEMBANGANNYA
Kisah ini dimulai ketika seorang mahasiswa Computer Science (ilmu Komputer) Univer sitas Helsinki yang bernama Linus Torvald ingin mengembangkan sistem operasi MINIX pada tahun 1991.Sistem operasi MINIX merupakan salah satu turunan dari UNIX. Pada saat itu sistem operasi MINIX diedarkan kepada mahasiswa di Universitasnya sebagai prototipe sebuah sistem operasi. Dalam perkembangannya dia menyebarkan kode programnya melalui Internet, sehingga dapat dipelajari oleh orang lain, ini yang menyebabkan Linux berkembang pesat karena dibuat oleh ribuan pemrogram dan hacker yang tersebar di seluruh dunia.
Linux pertama kali dikembangkan untuk berjalan pada komputer berbasis Intel 386/486 tetapi kemudian dikembangkan juga untuk mesin-mesin yang lain sehingga saat ini Linux dapat berjalan pada mesin-mesin DEC, Alpha, SUN Sparc, M68000, MIPS, serta PowerPC. Saat ini Linux didistribusikan di bawah GNU General Public License, yaitu suatu lisensi di mana pemilik program tetap memegang hak ciptanya, tetapi orang lain dapat menyebarkan, memodifikasi bah kan menjual kembali program tersebut dengan syarat kode program yang asli harus tetap diserta kan. Hal ini sering juga disebut open source. Sebenarnya yang disebut Linux adalah sebuah ker nel, yang merupakan bagian paling penting dari suatu sistem operasi, yang menangani I/O, pe ngaturan memori dan interaksi antara perangkat keras dengan aplikasi. Kernel Linux ini meru pakan kernel standar yang digunakan oleh distribusi-distribusi yang ada sekarang ini.


DISTRO LINUX

            Distro LINUX adalah LINUX yang dibuat dengan memaketkan program tertentu berda sarkan source yang ada dan dikemas sedemikian rupa sehingga mempunyai tampilan atau fitur yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan si pembuat distro. Ada distro yang berfokus pada server artinya distro tersebut lebih dioptimasi ke sistem server sehingga software atau program yang di paketkan adalah khusus untuk server saja contoh untuk distro ini antara lain : Trustix Secure Linux, Turbo Linux Server, Red Hat Enterprise Server, Server Optimize Linux (SOL), Mandrake Security dan masih banyak lagi contoh lainnya. Ketika pengguna Linux baru berke nalan dengan Linux, biasanya mereka terbentur pada masalah distro yang akan dipakai/dipilih. Secara garis besar distro Linux sama yaitu mengguna kan ‘kernel’ Linux, perbedaannya hanya pada paket program, program instalasi, organisasi direk tori dan berkas, program aplikasi dan utilitas tambahan.
 

3. MACINTOSH
( MACINTOSH OPERATING SYSTEM )

  

            MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple  Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer ber basis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka penggu na grafis (Graphical User Interface/GUI). Sistem operasi yang unggul dalam hal grafik ini me merlukan hardware khusus sehingga tidak dapat di-install di computer biasa. Versinya antara lain Mac OS X (Tiger), Leopard.


Kelebihan Apple Machintos :

1. Rentan terhadap virus.
2. Lebih cepat dan tidak cepat hang.
3. Lebih nyaman digunakan.
4. User friendly.
5. High performance.

Kekurangan Apple Machintos :

1. Mac tidak bisa dirakit sendiri karena apple tidak memeberikan lisensi.
2. Software tidak terlalu lengkap.
3. Harga yang terlalu mahal.
4. Hanya digunakan untuk graphic designer.
5. Tidak bisa digunakan secara bersamaan.

PERKEMBANGANNYA

            Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 dengan iklan televisi berjudul 1984 yang didasar kan dari novel karya George Orwell yang juga diberi nama 1984, dengan pernyataan, “On Janua ry 24, Apple Computer will introduce Macintosh. And you’ll see why 1984 won’t be like ’1984'” — maksud dari kata-kata tersebut adalah Macintosh yang baru akan membebaskan komputer dan informasi dari kekangan perusahaan besar dan technocrats. Apple juga membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yang dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki.
Setelah kegagalan Macintosh Portable di tahun 1989, Apple mencoba memperkenalkan sebuah komputer portabel yang lebih populer, PowerBook, di awal dekade 1990. Generasi pertama pro duk ini dirancang bersama Sony dan memberikan layout untuk komputer portabel yang masih dipakai sampai saat ini: engsel belakang untuk mendukung layar, keyboard yang diletakkan menj orok ke belakang dan trackball (yang kemudian menjadi trackpad) diposisikan di depan keyboard tersebut
            Di tahun 1994, Apple memperbarui produk Macintosh mereka dengan mengenalkan seri Power Macintosh, yang menggunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM, Motorola dan Apple. Prosesor ini menggunakan arsitektur RISC, yang jauh berbeda dengan seri Motorola 680X0 sebelumnya. Sistem operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yang dikembang kan untuk prosesor yang lebih tua bisa berjalan dengan seri prosesor PowerPC. Di th 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah sistem operasi yang didasarkan dari NeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX. Mac OS X server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Rilis terakhir Mac OS diluncurkan seki tar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.

Tahapan-tahapan OS X:

1.       Mac OS X Server 1.0 kode: “Rhapsody”, dirilis: Maret 1999.
2.      Mac OS X Public Beta kode: “Kodiak”, dirilis: September 2000.
3.       Mac OS X 10.0 (update 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: “Cheetah”, dirilis: Maret 2001.
4.      Mac OS X 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: Oktober 2001.
5.      Mac OS X Server 10.1 (update 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: “Puma”, dirilis: November 2001.
6.      Mac OS X 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2. kode: “Jaguar”, dirilis: Agustus 2002.
7.      Mac OS X Server 10.2 (update 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2., dirilis Agustus 2002.
8.      Mac OS X 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: “Panther”, dirilis Oktober 2003.
9.      Mac OS X Server 10.3 (update 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
10.  Mac OS X 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: “Tiger”, dirilis: April 2005.
11.  Mac OS X Server 10.4 (update 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
12.  Mac OS X 10.5 (update 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: “Leopard”, dirilis: Oktober 2007
13.  Mac OS X 10.6 (kode: “Snow Leopard”)
14.  Mac OS X 10.7 (kode: Lion)
15.  Mac OS X 10.8 (kode: Mountain Lion)

MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI).

Sistem Operasi Macintosh dibagi menjadi 2 jenis :
1.      MAC OS Klasik
Tidak memiliki sembarang Command Line (Baris perintah), menggunakan User Interface (UI) sepenuhnya dan menggunakan Cooperative Multitasking
2.      MAC OS X
MAC OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, One Step, dan MAC OS X memiliki memori ala-Unix dan Pre-Emptive Multitasking.

Kelebihan MAC OS :
1.       Stabil, karena menggunakan UNIX.
2.       Multitasking.
3.       Tampilan (UI) sangat bagus.
4.       Aman dari Malware.
MAC OS X adalah garis komputer Sistem Operasi yang dikembangkan, dipasarkan oleh Apple Inc, MAC OS X adalah penerus dari MAC OS (Klasik). MAC OS X dibangun di atas XNU kernel, dengan fasilitas standar Unix tersedia dari antarmuka baris perintah.

4. Disk Operating System (DOS)  

 

Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di kom puter pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang di -muat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan.

Keluarga DOS terbagi menjadi beberapa kelas, yakni:
  1. MS-DOS (Microsoft Disk Operating System), termasuk di antaranya adalah Tandy DOS, Compaq DOS, Q-DOS (Quick and Dirty Operating System) dan beberapa klon dari sistem operasi MS-DOS yang dijual kepada para pembuat sistem komputer IBM PC/Compatible.
  2. IBM PC-DOS (International Business Machine Personal Computer Disk Operating System), yang meskipun masih buatan Microsoft, diubah sedikit-sedikit untuk dapat digunakan oleh komputer IBM PC.
  3. DR-DOS (Digital Research Disk Operating System), yang dibuat oleh pembuat sistem operasi CP/M, Gary Kildall.
  4. Novell Personal Netware, merupakan versi DR-DOS yang dijual kepada Novell karena perusahaan yang menaungi CP/M mengalami kebangkrutan (Novell mengakuisisi Digital Research Incorporated).
  5. Caldera DOS, merupakan versi Novell Personal Netware yang dijual kepada Caldera Corporation.
  6. FreeDOS, merupakan versi DOS yang dibangun dari sisa-sisa pengembangan Caldera DOS, yang dikembangkan oleh komunitas open source.

            Disk Operating System (disingkat DOS) adalah keluarga sistem operasi yang digunakan di komputer pribadi. Sekarang, istilah DOS menjadi istilah generik bagi setiap sistem operasi yang dimuat dari perangkat penyimpanan berupa disk saat sistem komputer dinyalakan. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis teks (text-mode user interface), dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut dengan prompt. Prompt default yang digunakan dalam DOS adalah nama path ditambah dengan tanda lebih besar (>), seperti C:\>, C:\DOS\ dan lain-lain. Pengguna juga dapat meng gunakan simbol prompt lainnya dengan menggunakan perintah PROMPT. Sistem operasi ini juga bersifat single-tasking (hanya dapat menjalankan satu program pada satu waktu saja), men jalankan prosesor pada modus real (real mode), dan hanya dapat mendukung satu pengguna da lam satu waktu (single user).Sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari microsoft Win dows. Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam. Kita bisa menjalankan lewat Start Windows – Run, lalu ketik cmd.

Kelebihan dari DOS :

1. Pengoperasian mudah.
2. Space ruang hardisk bebas (tidak teralu besar).
3. Memori kecil.
4. Kompatibel semua software dan hardware.

Kekurangan dari DOS :

1. Mode operasi dalam bentuk teks.
2. Kurang kompatibel terhadap beberapa program beroperasi pada mode grafis.

PERKEMBANGANNYA

            Pada tahun 1975, komputer pribadi (PC) pertama Altair diproduksi MITS (Micro Instru mentation Telemetry System) of Albuquerque, New Mexico dengan prosesor 8080 8 bit dan me mori 256 byte, tanpa keyboard, layar, tape atau disk, seharga $400. Komputer ditujukan untuk para hobbyist elektronika. Pada komputer ini, Bill Gates menulis interpreter BASIC. Sistem operasi yang ada adalah CP/M dari Digital Research. Tahun 1979, Tim Paterson dari Seatle Computer  Products membuat 86-DOS meniru CP/M untuk menguji produk-produk berbasis prosesor 8086.
Agustus 1981, Microsoft membeli 86-DOS dari Tim Paterson dan diperbaiki menjadi MS-DOS versi 1.0, dirilis sebagai MS-DOS atau PC-DOS versi 1.00. Sistem operasi ini dibuat dengan 4000 baris kode bahasa assembly.

Fitur-fitur MS-DOS versi 1.0:

* Memakai memori 12 KByte di prosesor Intel 8086 dengan memori 64 Kbyte.
* Hanya mendukung 1 direktori (flat directory) dan 64 file.
* Tidak mendukung harddisk.
* Hanya mendukung floppy disk 5¼ inchi 160 Kbyte, dengan 512 byte/sektor.

MS-DOS dipasarkan dengan dua nama, yaitu:
* PC-DOS merupakan rilis untuk IBM PC
* MS-DOS

Sistem PC-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* ibmdos.com, yaitu disk dan file manager.
* command.com, yaitu command processor, shell primitif.

Sistem operasi MS-DOS berisi:
* ibmio.com, yaitu disk dan character I/O system.
* io.sys, yaitu disk dan file manager.
* msdos.sys, yaitu command processor, shell primitif.

Sistem operasi kompatibel dengan CP/M, dengan peningkatan alokasi disk, lebih cepat dan mendukung shell script primitif disebut batch files.
Oktober 1982, di-rilis MS-DOS versi 1.1 mendukung disket 320 KByte.

MS-DOS versi 2.0

Tahun 1983, IBM mengembangkan PC XT, komputer pribadi (PC) berbasis harddisk dan kemudian dirilis MS-DOS versi 2.0 untuk PC-XT dengan fitur berikut:
* Mendukung harddisk.
* Mendukung direktori hirarki (hierarchical directory)
* Menyediakan perintah DOS lebih kaya dengan program eksternal sebagai utilitas.
* Ditambah kemampuan meniru UNIX seperti I/O redirection, pipeline, filter dan background printing (print spooler), pemakaian file descriptor.
* Mendukung disket 360 KByte, system configuration (config.sys), user-installable device driver, memory management dan customized shell.


Sistem operasi ini memakai memori 24 Kbyte, dibuat dengan 20.000 baris assembly.
MS-DOS versi 2.05
—————–
Mendukung time, date,
currency, dan decimal symbols, 16-bit Japanese Kanji.
Tahun 1984, IBM membuat PC AT dengan prosesor Intel 80286 yang menyediakan pengalamatan extended (extended addressing) dan karakteristik proteksi memori (memory protection), user dan kernel mode, ring-based protection dan kemampuan menjalankan banyak program sekaligus.
PC AT menyediakan disket 1.2M, battery backup clock, informasi konfigurasi pada CMOS, harddisk lebih dari 10M, mendukung RAM disk.
MS-DOS versi 3.0
—————-
Kemampuan Intel 80286 tidak sepenuhnya digunakan oleh MS-DOS 3.0 agar kompatibel dengan rilis sebelumnya, menggunakan sebagai 8086 cepat (fast 8086).
Fitur:
* Mendukung keyboard dan peripheral harddisk baru (AT Bus).
* Shell bisa diganti oleh pemakai, misalnya dengan Norton Shell yaitu NDOS.COM.
Sistem operasi memakai memori 36KByte, dibuat dari 40.000 baris assembly.
MS-DOS versi 3.1
—————-
Mendukung jaringan PC-PC.
Memori yang dipakai tidak bertambah, diperoleh dengan menambahkan bagian sistem operasi yang dapat di-swap.
MS-DOS versi 3.2
—————-
Mendukung disket 3 1/2 inchi dan IBM Token Ring, tapi penuh bug.
Tahun 1987, IBM membuat keluarga komputer PS/2.
MS-DOS versi 3.3
—————-
Rilis inipun tidak sepenuhnya memakai kemampuan prosesor pada PS/2 yang menggunakan Intel 80286 atau Intel 80386.
Fitur:
* Mendukung komunikasi serial standar sampai 19.200 bps.
* Memori yang dipakai adalah 46 Kbyte.
MS-DOS versi 4.0
—————-
Mendukung harddisk lebih besar, dari 32 MByte sampai dengan 2 Gigabyte.
Meskipun program terbatas sampai 640 Kbyte, RAM 16 Mbyte dapat digunakan sebagai Ram-disk untuk meningkatkan kinerja sistem file.
Memberikan menu-driven shell tidak hanya keyboard-oriented shell.
MS-DOS versi 5.0
—————-
April 1991, dirilis MS-DOS versi 5.0 dengan fitur:
* Mendukung penggunaan extended memory.
* Program terbatas sampai 640 Kbyte, menggunakan extended memory untuk user-written device driver dan utilitas-utilitas.
Mempunyai shell baru dengan kemampuan banyak program di memori, untuk pindah dengan CTRL-ESC, fasilitas HELP, upgrade program utilitas lainnya misalnya edlin dengan screen editor.




5. MICROSOFT WINDOWS
   
 

Mircorost Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasis kan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis. Microsoft Windows me rupakan sistem operasi yang paling populer. Hampir semua orang pernah memakainya. Beberapa versi microsoft Windows yang terkenal: microsoft Windows 98, 2000, Me, XP, Vista, dan yang paling terbaru Windows 7.

Kelebihan dari microsoft Windows :

1. Banyak digunakan sebagai software jaringan.
2. Mode operasinya berbentuk grafis.
3. Komunikasi antar PC ke LAN ( lebih mudah).

Kekurangan microsoft windows :

1. Lisensi mahal.
2. Diperlukan perangkat keras dengan prosesor tinggi (pentium), memori yang digunakan juga  
    lebih besar (mahal).
3. Implementasi jaringan ( mahal).


PERKEMBANGANNYA

            Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis mo dus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 perta ma kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan Novem ber tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi tera khir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemu dian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

o    1993 Agustus - Windows NT 3.1
o    1994 September - Windows NT 3.5
o    1995 Juni - Windows NT 3.51
o    1996 29 Juli - Windows NT 4.0
o    2000 17 Februari - Windows 2000 (Versi: NT 5.0.2195)
o    2002 - Windows XP (Versi: NT 5.1.2600)
o    2003 - Windows Server 2003 (Versi: NT 5.2.3790)
o    2007 - Windows Vista (Versi 6.0 Build 6000)
o    2008 - Windows Server 2008 (Versi 6.1)
o    2009 – Windows 7


  WINDOWS XP



 

Persyaratan hardware minimum untuk Windows XP Home Edition adalah:

1. Prosesor Pentium 233-megahertz (MHz) atau yang lebih cepat (disarankan 300 MHz)
2. RAM sekurangnya 64 megabyte (MB) (disarankan 128 MB)
3. Ruang hard disk sekurangnya 1.5 gigabyte (GB)
4. Drive CD-ROM atau DVD-ROM
5. Keyboard dan Mouse Microsoft atau beberapa perangkat penunjuk kompatibel lainnya
6. Adaptor video dan monitor dengan resolusi Super VGA (800 x 600) atau yang lebih tinggi
    Kartu suara Speaker atau headphone

Semua sistem operasi pada komputer tentunya terdapat kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu dalam memilih sistem operasi yang baik kita perlu memperhatikan dan membandingkan kelebihan dan kekurangan sistem operasi yang hendak kita gunakan. Oke untuk Pada artikel kali ini saya akan menyampaikan kelebihan dan kekurangan windows XP/ keunggulan dan kelemahan Windows XP:

1.       Windows XP lebih stabil dan cepat saat melekukan booting karena relative lebih hemat resource.
2.       Aplikasi yang support/ mendukung kinerja Windows XP sudah banyak dan bisa bekerja secara maksimal.
3.       Mudah untuk di pahami pengguna/ user karena dengan tools yang kompleks namun relatif ringan sehingga pengguna akan merasa nyaman dan bersahabat serta tidak merasa kebingunan untuk menggunakan windows XP.
4.       Windows XP mudah untuk mengenali perangkat hardware tambahan yang terkoneksi karena Plug and Play pada windows XP yang bekerja secara otomatis dan dukungan driver-driver-nya yang competible dengan hardware suppliers.
5.       Saat menjalankan beberapa aplikasi Windows XP lebih stabil dalam kecepatan kinerjanya, hal itu dikarenakan tidak ada file system untuk aplikasi bawaannya yang rakus resource dan memory saat dijalankan. Selain itu juga relatif cepat untuk men-decode file-file yang diolah secara berbarengan dengan aplikasi tambahan yang cukup besar untuk mengambil memory CPU.
6.       Grafic User Interface (GUI) yang familiar mudah dipahami dan di mengerti oleeh pengguna.
7.       Windows XP mempunyai Dukungan driver yang lebih banyak.
8.       Lebih mudah untuk menginstal aplikasi pada MS Windows dibandingkan pada Linux karena lebih banyak aplikasi yang berbasis MS Windows, banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk  Windows.

1.      Windows XP mempunyai sistem keamanan yang kurang baik, sehingga tidak heran apabila banyak virus dan Hecker yang gampang sekali menyerang pengguna windows XP. Ketika melakukan browsing di Internet, Proteksi security Windows XP sangat rawan, karena Windows XP saat menginformasikan Virus Aktif baik itu yang sering menyusup seperti virus dan worm dengan melalui Security Centre tidak memberitahukan penyebabnya, tetapi hanya sekedar mendeteksi untuk dikonfirmasikan terhadap pengguna, sehingga pengguna harus menambah aplikasi utillity tambahan.
2.      Karena sistem security centre windows XP tidak secara otomatis mendeteksi input-output yang tidak dikenal (unknow). Sehingga Resiko kehilangan data sangat besar dibanding Windows Vista.
3.      Saat melakukan Akses Remote Administration sangat rawan dari virus dan penyusup karena dalam Remote Administration Windows XP, Network Securitiy-nya sangat lambat untuk membaca file-file crack yang bercampur dengan file system.
4.      Tidak terdapat Aero (Aplikasi bawaan untuk tambahan tampilan visual )  pada tampilan Visual Windows XP sehingga tidak memiliki tampilan 3D.
5.      Pada Windows XP  Terlalu banyak system-crash jika dibandingkan pada Windows Vista.
6.      Windows XP tidak bisa menampilkan preview semua file system yang dibawanya.
7.      Karena Firewall-nya terlalu lama untuk menginformasikan lewat security centre terhadap server. Mengakibatkan Sharing data di area jaringan tidak dapat dilakukan dengan cepat.
8.      Ketika terdapat type jaringan dalam satu ruang dan waktu yang bersamaan seperti LAN dan WLAN, Windows XP tidak mempu mendeteksi suatu type jaringan untuk dipilih dan diaktifkan,
9.      Windows XP harus senantiasa diinstal ulang ketika ingin merestore file-file sistem.





WINDOWS  7
 

 

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista.
Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7 kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.


Kelebihan Windows 7
1.      Proses booting dan shut down lebih cepat, bahkan ada klaim bahwa nama 7 diambil dari kecepatan booting sampai windows siap hanya 7 detik.
2.      Penggunaan Catu Daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan sistem service relatif lebih kecil meskipun tampilannya lebih memukau dari OS sebelumnya
3.      Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4.      Tampilan dan aplikasinya lebih menarik., diantaranya :
Snap
Dapat membuka aplikasi secara bersamaan dan ditampilkan bersebelahan

Home Group
System jaringan yang dapat menghubungkan beberapa PC untuk proses berbagi file dan peripheral

Jump List
Memudahkan membuka kembali salah satu dari beberapa aplikasi yang berjalan dengan hanya klik pada pin dengan cepat

Windows Media Center
Dapat merekan siaran TV, nonton TV online

Windows Live Essentials
Pengguna dapat mengakses data offline dan melakukan berbagai hal untuk foto, video dan hal lainnya

Web Slices
Aplikasi untuk memotong bagian yang ditargetkan dari sebuah situs yang kemudian ditempatkan di toolbar Internet Explorer 8 untuk referensi yang  mudah dan cepat

Parental Control
Adanya kontrol dalam membatasi akses pada anak-anak,misal :pengaturan waktu dan lama akses yang diperbolehkan pada anak
  • Fitur  keamanannya lebih kuat
  • Fitur show desktop dapat meminimize seluruh program yang aktif hanya dengan sekali gerakan atau klik

Kekurangan Windows 7

1.      Beberapa aplikasi belum support dengan Windows 7
2.      Masih ada bug pada Windows Player 12
3.      Ada hardware yang bisa langsung dikenali di OS sebelumnya tetapi tidak di Windows 7
4.      Softwareyang sebelumnya bisa dipaksa untuk dipasang di Vista, tidak dapat dipaksa dipasang di Windows 7
5.      Banyak perbedaan antara versi starter dan ultimate




WINDOWS  8
 

 

Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012 bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), sebuah peningkatan untuk Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Pada 18 Oktober 2013, Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk Windows 8.
untuk menjalankan Windows 8, sebaiknya pengguna melengkapi komputer atau laptopnya dengan prosesor 1GHz atau lebih cepat. Windows 8 versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Untuk versi di atasnya, 64-bit, pengguna lebih baik menggunakan RAM 2GB. Dua syarat di atas sepertinya sudah bisa dipenuhi para komputer lawas. Namun, jika menginginkan kecepatan komputasi yang tinggi, pengguna disarankan menggunakan RAM di atas 2GB. Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak di kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM hingga 3,5 GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 4 GB. Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 versi 32-bit. Untuk versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB. Ruang sebesar minimal 20 GB harus disediakan untuk instalasi Windows 8. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer-komputer lawas, yang rata-ratanya ukuran hard disk-nya sudah di atas 80 GB. Windows 8 juga membutuhkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi, ini juga sudah bisa dipenuhi oleh kebanyakan komputer-komputer lama.
            Untuk menjalankan Windows 8 dengan baik diperlukan monitor atau layar yang minimal mampu menghasilkan resolusi 1366 x 768 pixel. Sepertinya persyaratan ini yang paling berat dipenuhi oleh pengguna komputer lama yang ingin beralih ke Windows 8 karena masih cukup banyak komputer yang hanya punya resolusi 1024 x 768 pixel.

KELEBIHAN KEKURANGAN WINDOWS 8


 

Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email.  Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data miliknya Windows, Skydrive.

1.       Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang.
Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar.
2.       Proses Booting yang cepat.
Booting di windows 8 lebih cepat dari windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik. Di windows 8 tidak terdapat lagi flahing layar BIOS.
3.       Windows 8 Lebih Aman.
Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.
4.       Sistem Pencarian Data Windows 8 Lebih Universal.
Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data ditampilkan diawal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkit.
5.       Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung.
Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.
6.       Windows 8 Cocok untuk Semua Software.
Semua software yang dapat dijalankan di windows 7 , juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.
7.       Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh.
Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasian tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.
8.       pesifikasi hardware yang rendah  dan dapat dijalankan di tablet.
Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Saat ini tablet yang beredar kebanyakan memakai chip ARM, sehingga dapat memprluas jangkauan windows 8 di area tablet.
9.       Tersedianya Windows Store.
Windows Store adalah toko aplikasi windows 8. Di windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.
10.   Mendukung Near Field Communications (NFC ).
NFC adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi keuangan digital. Fitur ini kemungkinan besar juga disertakan pada tablet yang memakai Windows 8
11.   Browser Internet Explorer 10.
Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.

KEKURANGAN/ KELEMAHAN WINDOWS 8

1.       Tidak terdapat Tombol Start dan Close X.
Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup kekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi.
Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda  harus mendrag dan program baru akan tertutup.
2.       Terdapat Banyak Aplikasi Atau File yang Tersembunyi.
Mungkin hal inilah yang membuat para pengguna windows 8 bingung, sebab ketika beroperasi hanya terdapat dua data/ aplikasi yang dapat terbuka secara bersamaan. Untuk data yang lainnya tersembunyi. Dan untuk membukanya anda harus menggunakan fitur pencarian universal .
Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 yang dapat saya sampaikan, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan windows 8 yang lain yang belum saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat.

6. ANDROID