Blogger Widgets

ZARMI SUKSES


web widgets

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - KALAU ADA KRITIKAN YANG MEMBANGUN SILAKAN DIKIRIMKAN KE KAMI - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Kamis, 04 Desember 2014

KESIMPULAN DAN SARAN OPERASI SISTIM


                                   KESIMPULAN DAN SARAN OPERASI SISTIM


KESIMPULAN

Setiap komputer tujuannya harus memiliki sebuah sistem operasi untuk menjalankan program lainnya. Sistem operasi melakukan tugas-tugas dasar, seperti mengenali input dari keyboard, mengirimkan output ke layar, melacak file dan direktori pada disk, dan mengendalikan perangkat periferal seperti disk drive dan printer.
Untuk sistem besar, sistem operasi memiliki tanggung jawab yang lebih besar dan kekuasaan. Hal ini seperti polisi lalu lintas – itu akan memastikan bahwa program yang berbeda dan pengguna berjalan pada saat yang sama tidak saling mengganggu. Sistem operasi ini juga bertanggung jawab atas keamanan, memastikan bahwa pengguna tidak sah mengakses sistem.

Sistem operasi dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
 
1.      User-multi:
Memungkinkan dua atau lebih pengguna untuk menjalankan program pada saat yang sama. Beberapa sistem operasi mengizinkan ratusan atau bahkan ribuan pengguna bersamaan.
2.      Multiprocessing:
Mendukung menjalankan program pada lebih dari satu CPU.
3.      Multitasking:
Memungkinkan lebih dari satu program untuk menjalankan secara bersamaan.
4.      Multithreading:
Memungkinkan bagian yang berbeda dari satu program untuk menjalankan secara bersamaan.
5.      Real time:
Tanggapan ke input langsung. sistem operasi tujuan umum, seperti DOS dan UNIX, tidak real-time.

Sistem operasi menyediakan platform software di atas yang program lain, yang disebut program aplikasi, dapat berjalan. Program aplikasi harus ditulis untuk berjalan di atas sistem operasi tertentu. Pilihan Anda dari sistem operasi, oleh karena itu, menentukan untuk sebagian besar aplikasi yang dapat berjalan. Untuk PC, sistem operasi yang paling populer adalah DOS, OS / 2, dan Windows, tetapi yang lain yang tersedia, seperti Linux.
Sebagai pengguna, Anda biasanya berinteraksi dengan sistem operasi melalui serangkaian perintah. Sebagai contoh, sistem operasi DOS berisi perintah seperti COPY dan RENAME untuk menyalin file dan mengubah nama file, masing-masing. Perintah diterima dan dilaksanakan oleh suatu bagian dari sistem operasi yang disebut prosesor atau interpreter perintah baris perintah. antarmuka pengguna grafis memungkinkan Anda untuk memasukkan perintah dengan menunjuk dan mengklik pada objek yang muncul di layar.
Sebuah proses adalah sebuah peristiwa adanya sebuah proses yang dapat dieksekusi. Sebagai sebuah eksekusi proses, maka hal tersebut membutuhkan perubahan keadaan. Keadaan dari sebuah proses dapat didefinisikan oleh aktivitas proses tertentu tersebut. Setiap proses mungkin menjadi satu dari beberapa state berikut, antara lain : new, ready, running, waiting, atau terminated. Setiap proses direpresentasikan ada sistem operasi berdasarkan proses-control-block (PCB)-nya. Pengeksekusian proses – proses pada operating system mungkin dapat digolongkan menjadi proses independent dan kooperasi. Proses kooperasi harus memiliki beberapa alat untuk mendukung komunikasi antara satu dengan yang lainnya. Prinsipnya adalah ada dua rencana komplementer komunikasi : pembagian memori dan sistem pesan. Metode pembagian memori menyediakan proses komunikasi untuk berbagi beberapa variabel. Proses – proses tersebut diharapkan dapat saling melakukan tukar – menukar informasi seputar pengguna variabel yang terbagi ini. Pada sistem pembagian memori, tanggung jawab bagi penyedia komunikasi terjadi dengan programmer aplikasi; sistem operasi harus menyediakan hanya pembagian memori saja. Metode sistem pesan mengijinkan proses – proses untuk tukar – menukar pesan. Tanggung jawab bagi penyedia komunikasi ini terjadi dengan sistem operasi tersebut.



B. SARAN

Bagi para Mahasiswa, harusnya lebih mengoptimalkan penggunaan system operasi  ini. Bahkan sampai ikut serta mengembangkannya. Karena kemajuan teknologi suatu bangsa, me-nentukan kemajuan bangsa tersebut di mata dunia. Mulai sekarang sampai yang akan datang Mahasiswa diharapkan proaktif dibidang Operasi Sistim, dan juga perkembangan Teknologi zaman ini sangat pesat, artinya kita dituntut untuk berinovasi dalam mengembangkan Operasi Sistim ini, janganlah kita sebagai pemakai tetapi kitalah yang akan menciptakan suatu sistim yang baru supaya mudah digunakan dan tahan terhadap apapun.

KELEBIHAN DANKEKURANGAN WINDOWS 8






Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layarsentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Microsoft secara resmi merilis Windows 8 pada 26 Oktober 2012 bersamaan dengan peluncuran komputer perdana yang menggunakan Windows 8. Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), sebuah peningkatan untuk Windows 8, Windows 7, WindowsVista, dan Windows XP. Pada 18 Oktober 2013, Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk Windows 8.
untuk menjalankan Windows 8, sebaiknya pengguna melengkapi komputer atau laptopnya dengan prosesor 1GHz atau lebih cepat. Windows 8 versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Untuk versi di atasnya, 64-bit, pengguna lebih baik menggunakan RAM 2GB.
            Dua syarat di atas sepertinya sudah bisa dipenuhi para komputer lawas. Namun, jika menginginkan kecepatan komputasi yang tinggi, pengguna disarankan menggunakan RAM di atas 2GB. Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak di kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM hingga 3,5 GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 4 GB. Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 versi 32-bit. Untuk versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB. Ruang sebesar minimal 20 GB harus disediakan untuk instalasi Windows 8. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer-komputer lawas, yang rata-ratanya ukuran hard disk-nya sudah di atas 80 GB. Windows 8 juga membutuhkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi, ini juga sudah bisa dipenuhi oleh kebanyakan komputer-komputer lama.
Untuk menjalankan Windows 8 dengan baik diperlukan monitor atau layar yang minimal mampu menghasilkan resolusi 1366 x 768 pixel. Sepertinya persyaratan ini yang paling berat dipenuhi oleh pengguna komputer lama yang ingin beralih ke Windows 8 karena masih cukup banyak komputer yang hanya punya resolusi 1024 x 768 pixel.


Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email.  Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data miliknya Windows, Skydrive.

1.       Windows 8 mempunyai tampilan yang segar untuk dipandang.
Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi dengan desain metro. Untuk mengakses jejaring sosial dapat langsung dilakukan di awal layar.
2.       Proses Booting yang cepat.
Booting di windows 8 lebih cepat dari windows sebelumnya. Untuk booting windows 8 hanya memerlukan waktu 8 detik. Di windows 8 tidak terdapat lagi flahing layar BIOS.
3.       Windows 8 Lebih Aman.
Pada saat booting di windows 8 dilengkapi dengan secure boot. Secure boot itu bekerja dengan BIOS berbasis UEFI. Ketika booting Secure boot itu berfungsi untuk melindungi PC dari malware.
4.       Sistem Pencarian Data Windows 8 Lebih Universal.
Jika anda mencari data di windows 8, data lebih mudah ditemukan. Untuk mencarinya hanya tinggal mengetik nama data ditampilkan diawal maka langsung muncul pilihan-pilihan data terkit.
5.       Ketersediaan dan Kemudahan Aplikasi Pendukung.
Untuk mendapatkan aplikasi pendukung di windows 8 ada banyak pilihan dan kemudahan yang disediakan.
6.       Windows 8 Cocok untuk Semua Software.
Semua software yang dapat dijalankan di windows 7 , juga dapat di jalankan di windows 8 sehingga pengguna tidak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, RAM 1 GB dan Processor Intel Atom sudah cukup untuk menjalankan Windows 8.
7.       Windows 8 lebih dioptimalisasi untuk layar sentuh.
Pada windows sebelumnya yaitu windows 7 memang sudah support untuk layar sentuh, namun desain dan kemudahan pengoperasian tidak dioptimalkan. Lain halnya dengan windows 8, yang desainnya sudah dioptimalkan untuk layar sentuh jika kita menggunakan di komputer PC kita akan merasa seperti menggunakan Windows Phone.
8.       pesifikasi hardware yang rendah  dan dapat dijalankan di tablet.
Sistem Operasi Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Saat ini tablet yang beredar kebanyakan memakai chip ARM, sehingga dapat memprluas jangkauan windows 8 di area tablet.
9.       Tersedianya Windows Store.
Windows Store adalah toko aplikasi windows 8. Di windows store tersedia berbagai macam aplikasi yang telah dioptimalkan untuk Windows 8.
10.   Mendukung Near Field Communications (NFC ).
NFC adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk transaksi keuangan digital. Fitur ini kemungkinan besar juga disertakan pada tablet yang memakai Windows 8
11.   Browser Internet Explorer 10.
Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.

1.       Tidak terdapat Tombol Start dan Close X.
Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup kekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi.
Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda  harus mendrag dan program baru akan tertutup.
2.       Terdapat Banyak Aplikasi Atau File yang Tersembunyi.
Mungkin hal inilah yang membuat para pengguna windows 8 bingung, sebab ketika beroperasi hanya terdapat dua data/ aplikasi yang dapat terbuka secara bersamaan. Untuk data yang lainnya tersembunyi. Dan untuk membukanya anda harus menggunakan fitur pencarian universal .
Itulah beberapa Kelebihandan Kekurangan Windows 8 yang dapat saya sampaikan, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan windows 8 yang lain yang belum saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat.