BISMILLAH

بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ

SELAMAT DATANG DI STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM

SELAMAT DATANG DI KAMPUS S.M.B. (STIKOM MUHAMMADIYAH BATAM) - RAIH MASA DEPANMU BERSAMA KAMPUS S.M.B. - TERDEPAN - MODEREN - DAN - ISLAMI, - BLOG INI MASIH BANYAK KEKURANGAN, HARAP MAKLUM - DAN TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

BERSYUKUR

BERSYUKURLAH

MAKA ANDA AKAN BAHAGIA

Menu

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Minggu, 21 Desember 2014

CARA MEMBUAT PASWORD PADA FOLDER


Cara memberipassword pada folder dapat dilakukan dengan mudah, baik menggunakan software maupun tidak. Sebuah folder yang berisi dokumen word atau file pdf data-data penting berupa memang perlu diamankan dari tangan-tangan jahil teman kantor, teman kuliah, atau bahkan anggota keluarga Anda sendiri. Tentunya ga mau dong misalkan kita udah buat tugas kantor atau tugas kuliah kemudian tiba-tiba data tersebut dicontek oleh teman Anda? Mungkin teman Anda beralasan hanya meminjam laptop Anda dan tidak akan membuka file-file penting, tapi siapa sangka jika ini disalahgunakan? Hal ini tentu akan sangat menjengkelkan. Oleh karena itu kita perlu mengamankan data kita agar tidak seenaknya dibuka oleh orang lain dengan cara membatasi akses ke folder yang berisi data penting. Lalu bagaimana cara memberi password folder pada komputer Anda? Ada 2 cara yang bisa ditempuh, yaitu :


1.   Memberi password folder tanpa software
Langkah ini bisa ditempuh jika Anda ingin memberi password tanpa bantuan software, sehingga Anda hanya memanfaatkan fasilitas yang ada pada komputer. Cara ini bisa dilakukan untuk komputer yang beroperasi pada sistem operasi windows ya. Berikut adalah langkah-langkahnya.
1.      Buka notepad, bagi yang belum tahu notepad letaknya ada di Start --> All Programs --> Accesorries --> notepad
2.      Copy kode di bawah ini dan paste ke dalam notepad
cls
@ECHO OFF

title Folder Locker
if EXIST "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" goto UNLOCK
if NOT EXIST Locker goto MDLOCKER
:CONFIRM
echo Are you sure u want to Lock the folder(Y/N)
set/p "cho=>"
if %cho%==Y goto LOCK
if %cho%==y goto LOCK
if %cho%==n goto END
if %cho%==N goto END
echo Invalid choice.
goto CONFIRM
:LOCK
ren Locker "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
attrib +h +s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
echo Folder locked
goto End
:UNLOCK
echo Enter password to Unlock folder
set/p "pass=>"
if NOT %pass%==KETIKPASSWORD goto FAIL
attrib -h -s "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}"
ren "Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}" Locker
echo Folder Unlocked successfully
goto End
:FAIL
echo Invalid password
goto end
:MDLOCKER
md Locker
echo Locker created successfully
goto End
:End


3.      Pada kode tersebut ganti tulisan KETIKPASSWORD dengan password yang kamu kehendaki
4.      Simpan notepad dengan cara klik File kemudian Save As, simpan dengan nama lock.bat dan tipe save as menjadi All Files.
5.      Buka file yang baru saja kita buka, tunggu sebentar maka akan muncul folder baru dengan nama Locker.
6.      Pindahkan file-file yang ingin kamu amankan ke dalam folder Locker tersebut
7.      Double klik lagi pada file lock.bat maka akan muncul dialog apakah ingin mengunci folder, ketik Y kemudian Enter
8.      Foolder Locker akan hilang, tapi jangan khawatir karena folder ini hanya disembunyikan oleh sistem
9.      Untuk memunculkannya kembali, double klik pada lock.bat maka akan ditanya password untuk membukanya, ketik password kamu lalu tekan Enter
10.  Folder Locker telah muncul kembali dan kamu sudah bisa melihat filenya lagi. 

2.   Memberi password folder dengan software
Ada banyak software yang berguna untuk mengunci folder. Anda bisa mencari di google dengan kata kunci lock folder. Namun dari sekian banyak software yang bertebaran di dunia maya, salah satu aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Folder Lock. Aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi berbayar jika anda menginginkan semua fitur yang ada, namun jika fungsinya hanya untuk memberi password pada folder anda cukup dengan aplikasi yang versi gratis. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan gampang untuk dipelajari. Anda bisa mendownloadnya melalui link di bawah ini.
Download Folder Lock


Pengertian Database Mysql dan Phpmyadmin

Pengertian Database Mysql dan Phpmyadmin

Pengertian Database Mysql dan Phpmyadmin - Database adalah sebuah system yang di buat untuk mengorganisasi, menyimpan dan menarik data dengan mudah. Database terdiri dari kumplan data yang terorganisir untuk 1 atau lebih penggunaan, dalam bentuk digital. Database digital di manage menggunakan Database Management System (DBMS), yang menyimpan isi database, mengizinkan pembuatan dan maintenance data dan pencarian dan akses yang lain. Beberapa Database yang ada saat ini adalah : Mysql, Sql Server, Ms.Access,
Oracle, dan PostgreSql.

Pengertian Mysql

MySQL adalah salah satu jenis database server yang sangat terkenal. MySQL menggunakan bahasa SQL untuk mengakses database nya. Lisensi Mysql adalah FOSS License Exception dan ada juga yang versi komersial nya. Tag Mysql adalah “The World's most popular open source database”. MySQL tersedia untuk beberapa platform, di antara nya adalah untuk versi windows dan versi linux. Untuk melakukan administrasi secara lebih mudah terhadap Mysql, anda dapat menggunakan software tertentu, di antara nya adalah phpmyadmin dan mysql yog. Pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan phpmyadmin, yang
terdapat dalam bundle xampp, yang dapat di peroleh di www.apachefriends.org.

Pengertian Phpmyadmin

Phpmyadmin adalah sebuah aplikasi open source yang berfungsi untuk memudahkan manajemen MySQL.
Dengan menggunakan phpmyadmin, anda dapat membuat database, membuat tabel, menginsert, menghapus dan mengupdate data dengan GUI dan terasa lebih mudah, tanpa perlu mengetikkan perintah SQL secara
manual. PhpMyadmin dapat di download secaara free di http://www.phpmyadmin.net. Saat tulisan ini di buat, versi phpmyadmin terbaru adalah phpmyadmin 3.3.10. Karena berbasis web, maka phpmyadmin dapat di jalankan di banyak OS, selama dapat menjalankan webserver dan Mysql. 

Pengertian Xampp

Xampp adalah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari  apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2,dll. Xampp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasa nya lingkungan pengembangan web memerlukan php,apache,mysql dan phpmyadmin serta software-software yang terkait dengan pengembangan web. Dengan menggunakan xampp, kita tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tsb satu persatu. Paket aplikasi perlu di extract dan di install terlebih dahulu, dengan memilih jenis xampp sesuai dengan jenis OS nya.  Setelah sukses menginstall xampp, kita dapat langsung mengaktifkan Mysql dengan
cara mengaktifikan xampp. Pada Linux, cara mengaktifkan Mysql dan phpMyadmin sbb :
  1. Login ke user root
  2. Masuk ke direktory /opt/lampp
  3. Ketik : #./lampp start
  4. Maka akan memulai xampp , termasuk mengaktifkan phpmyadmin.
  5. Selanjutnya, anda bisa masuk ke phpmyadmin, dengan cara :
    http://localhost/phpmyadmin
Demikianlah ulasan tentang database mysql, baca juga tentang pengertian database

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN APLIKASI MYOB



Kelebihan MYOB :

  1. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
  2. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
  3. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
  4. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
  5. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
  6. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
  7. Adanya fitur backup dan restore data serta compact database yang memungkinkan database terpelihara dengan baik.
  8. Mempermudah Anda mengambil keputusan. Karena dapat menampilkan atau menyediakan laporan kepada pengguna kapanpun dibutuhkan. Sehingga jangan karena Laporan Anda Terlambat, Bisnis Anda Terhambat.
  9. Fitur Customer Feedback, customer dapat mengajukan saran – saran yang kemudian akan direalisasikan pada software FINA versi lebih lanjut.
  10. Adanya penggunaan periode ketigabelas (tak selamanya angka 13 itu sial). Yang memungkinkan pengguna lebih valid dalam membuat laporan keuangan akhir tahun.

kelemahan MYOB :


          1. tidak ada file backup otomatis - harus dilakukan manual
sumber :
          2. Database MYOB merupakan database yang dikunci, pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit.
          3. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada fitur perpajakan didalamnya.
          4. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli add on lagi
          5. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi maka harus membeli add on lagi
          6. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
          7. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
          8. database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi pengolahan data lebih realistis.
          9. penjualan item, harga peritem hanya bisa di bawah 1M, fungsi pelaporan tidak sebaik DacEasy. (perlu dicek kebenarannya).
         10. Belum mendukung multi gudang.
  1. Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.
  2. Desain user interface (tampilan)  menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.
  4. Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangan mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.
  5. Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.
  6. Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan.
  7. Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
  8. Laporan dapat diklik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan  mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry
  9. Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
  10. Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
  11. Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti: 
  • Multi currency, multi price, multi discount.
  • Serial number.
  • - Lot number dan expire date.
  • - Giro mundur.
  • - Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena bersifat real time.
  • Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis).
  1. Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
  2. Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
  3. Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian.
  4. Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
  5. Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.
  6. Setiap software akuntansi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Software akuntansi yang paling baik adalah software yang memiliki fitur yang lengkap dan mencakup segala prsoses-proses akuntansi selain itu juga memiliki kemudahan dalam hal pengoperasiam sehingga dapat disesuaikan oleh user atau pengguna .


Excel 2007 mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya. Saya sudah buat artikel konversi data besar ke Excel
Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengkontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel. Artikel saya tentang penggunaan Vlookup bisa dibaca
Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri. Ini yang saya belum temukan di SPSS, kecuali kita jago membuat syntax dan saya yakin banyak orang yang tidak hobby main syntax.
Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang, saya saat ini belum mampu membuat tabel dalam 1 pivot yang stack atau berjajar. Jadi mau tidak mau membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah kita harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru ke samping/kebawah sehingga jika di samping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan error.
Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10MB, maka setiap editing/updating data, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan ram komputer. Ini cukup memakan waktu pengolahan data. Tetapi kendala ini bisa dipecahkan dengan mematikan proses calculating otomatis menjadi Calculating Manual artinya calculating akan dilakukan setiap kita akan save file excel tersebut. Cara ini cukup efektif dilakukan dengan resiko jika file tertutup tidak sengaja atau komputer mati tiba-tiba kita bisa kehilangan data kita. Caranya klik tombol office > Excel Options > Formulas > Calculation Options, pilih Manual dan Recalculate Workbook before saving

Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.
http://zarmistikom.blogspot.com/2014/12/kelebihan-dan-kekurangan-aplikasi-myob.html
 http://zahiraccounting.com/id/tanya-jawab/pertanyaan-umum/apa-kelebihan-zahir-accounting-dari-software-accounting-lainnya