Database
 adalah sebuah file yang mengandung banyak data dan informasi yang sudah
 terorganisir secara rapi dan sistematis dalam berbagai elemen 
pembentuknya yaitu:
Table, Query, Form, dan Report.
   | 
Elemen | 
Pengertian | 
   | 
Tabel | 
Sebuah menu di dalam database dalam bentuk baris dan kolom, yang   digunakan untuk memasukan data. | 
   | 
Query | 
Sebuah
 menu di dalam database yang sudah terkait dengan   perintah-perintah 
khusus yang berfungsi untuk melakukan pencarian data,   mengurutkan 
data, etc. | 
   | 
Form | 
Sebuah
 bentuk tampilan data yang di desain sedemikian rupa sehingga   proses 
pemasukan, pencarian, dan pembacaan data dapat dilakukan dengan mudah. 
 | 
   | 
Report | 
Sebuah fasilitas yang berfungsi untuk membuat lembar-lembar laporan   dari data yang kita access sehingga data tersebut dapat dicetak atau diprint. | 
2.7.  Memahami prosedur  pengoprasian Aplikasi
·         
MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows 95 – 2003 yaitu dimulai dengan tombol Start – Program – Pilih – Program MS-Access .
·       LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada
 saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil 
kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru 
dengan dua cara
1.    Blank Access Database
2.    Access database Wizards. Pages end Projects dan adalagi pilihan yang disediakan yaitu
3.    Open Existing File.
Jika
 Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali 
dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada 
menu tools dan matikan Check Box, Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog MS Access.
   | 
Pilihan | 
Keterangan | 
   | 
Blank Access   DataBase | 
Digunakan
   untuk membuat data base baru yg masih kosong dan Anda dapat 
menambahkan Obyek   tabel, query, Form, Report, dan Obyel lainnya. 
 | 
   | 
Blank Data   Access Page | 
Dipakai untuk   membuat data base baru yang diberikan oleh MS Access secara bertahap | 
   | 
Project   Existing Data | 
Diapaki untuk   membuat data base baru berdasarkan tuntunan yang diberikan oleh microsoft   access. | 
   | 
Open end   existing file | 
Dipakai untuk   membuka file database yang telah dibuat sebelumnya 
 | 
·         MEMBUKA FILE DATABASE
Membuka
 file database MS Access berarti membuka file yang pernah dibuat dan 
disimpan sebelumnya selain membuka jendela database yang pernah dibuat 
sebelumnya Anda bisa membuka jendela database baru yang masih kosong 
caranya dengan memberi perintah Klik menu file pilih New atau pada Toolbars klik tombol new seperti
 berikut dibagian Toolbars sedang file database yang pernah Anda buat 
dan disimpan dapat dibuka kembali pada saat dibutuhkan apabila Anda 
membuka jendela database baru maka jendela database yang terbuka 
sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access tidak dapat membuka lebih 
dari satu file database.
Untuk membuka file database dapat menggunakan salah satu cara berikut:
1.    Pilih Open dari menu file
2.    Klik tombol Open yang ada pada bagian toolbars pada database
3.    Tekan tombol Shorcut Key , Ctrl + O
·         MENUTUP FILE DATABASE
Bila
 Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka sebelum 
menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda buka untuk menutup 
file database salah satu langkah. Berikut:
1.    Klik Menu File pilih Close
2.    Klik Icon control Menu yang terletak disudut kiri atas pilih Close
3.    Klik ganda pada icon control menu yang terletak di bagian sudut kiri atas dari jendela database.
4.    Tekan tombol kombinasi shorcut Key Ctrl + F4 atau Ctrl + W
5.    Tekan Tombol Close yang ada dibagian sudut kanan atas dari jendela database
·         MENUTUP PROGRAM MS ACCESS
Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access
untuk dari program tersebut langkahnya sebagai berikut :
1.    Klik menu File pilih Exit
·         MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKANPROYEK MEMBUAT PROGRAM PENERIMAAN SISWA BARU
2.    Buka aplikasi Microsoft Access
3.    Klik File New
4.    Pilih Blank Database
5.    Create nama file database
I.               Membuat Tabel
- Buat      tabel dengan create table in design view
- Klik      2 x sehingga terbuka jendela seperti dibawah ini
- Masukan      nama-nama field
- Tentukan      primary Key (Contoh :No_pendf)
- Setelah      itu klik close pada pojok kanan atas
- Klik      yes, lalu beri nama tabel (contoh : daftar) kemudian klik OK
- Hasil      dari pembuatan tabel sebagai berikut, seperti gambar dibawah
II.            Membuat Queries
- Klik      Queries pada bagian objects
- Klik      2 x Create query in Design view sama seperti membuat table
- Akan      tampil daftar queries
- Pilih      nama table dalam daftar Show Table kemudian klik Add
- Klik      2 x nama field yang ada pada tabel daftar sehingga namanama field tersebut      tersimpan dalam dafatra queries.
- Pada
      kolom Jml_nilai masukan rumus pembobotan setiap mata pelajaran. 
Pembobotan      dibuat sesuai aturan yang ada. Contoh PPKn, Bah_ind, IPS
 dikalikan 1, IPA,      Matemt dikalikan 4 dan Bah_ing dikalikan 3.
- Buat      Rumus untuk Nilai x bobot
- Kemudian      klik tombol close pada sudut kanan atas,
III.          Membuat Form
- Klik      Form pada Objects. Klik 2 x Create form by using wizard akan tampil form      wizard
- Pada
      Tables/Queries pilih Table : daftar kemudian Pindahkan semua field
      Available field ke Selected Fields dengan menekan tombol
- Kemudian      klik
- Kemudian      klik
- Kemudian      klik
- Berikan      nama form yang akan kita buat (contoh : daftar)
- Kemudian      Klik Finish
IV.          Mengatur Form
- Buka      form daftar
- Buatkan      Header Form dengan mengklik icon akan tampil :
- Drag      bar antar Form Header dan Detail sehingga terbentuk satu baris kosong
- Isikan      Kata “PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN 2004”
- Untuk
      mengisi Form Header klik. Kemudian klik daerah Form Header dan 
Ketikkan      kata-kata diatas. Untuk mengedit letak label klik 2 x 
label�� geser letak. Label keposisi yang      Anda Inginkan.
- Pada      field Jml_nilai masukan rumus penjumlahan semua nilai dengan mengklik 2 x      field Jml_nilai sebelah kanan
- Edit      Control Source dengan memasukan rumus klik akan muncul jendela Expression      Builder Klik 2 x akan tampil.
- Masukan      rumus yang kita rencanakan
- Untuk
      menuliskan rumus cukup dengan mengklik 2 x nama field yang berada 
di form      contohnya field PPKn simbol matematika yang kita gunakan 
tinggal klik yg      ada pada bagian bawah ruang rumus.
- Setelah      selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
- Buat      Rumus jumlah nilai kali bobot setiap mata pelajaran dengan mengkilk 2 x      field Jml_x_bbt
- Langkahnya      sama dengan cara memasukan rumus pada Jml_nilai
- Masukan      rumus pada pada jendela Expression Builder
- Setelah      selesai klik OK kemudian klik close pada pojok kanan atas Text Box
- Setelah      semua rumus selesai klik datasheet view
- Sekarang      kita dapat memasukan data yang ada
MENGGUNAKAN MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA
MASUKAN
Ø  INPUT DATA RECORD
Setelah mengatur semua ketentuan dalam sebuah desain table adalah memasukan data Record yang
 dapat dilakukan dengan memalui jendela Data Sheet View dari sebuah 
table selain itu dapat juga melakukan proses Editting dengan menyunting 
data yaitu proses penambahan data record , memindah data Record, menyalin Data Record ataupun menghapus data record.
A. Memasukan data Record
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1.    Pada jendela data base pilih salah satu nama tabel yang datanya ingin anda masukan .
2.    Untuk membuka jendela Data Sheet dari tabel tersebut perintahnya adalah:
Tekan Tombol Open
Tekan tombol enter
Klik Ganda pada nama tabel
Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open dari menu yang tampil
3.    Setelah
 Anda jalan salah satu perintah tersebut diatas maka akann tampil sebuah
 jendela data Sheet dari sebuah tabel yang masih kosong.
4.     Anda dapat lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda berikan pada jendela desain View 
Setelah selesai entry maka kita dapat melihat data pada queries seperti diatas.
Ø  MENG-UPDATE DATA
A. Menentukan Kapan Tabel Baru Dibutuhkan
Satu-satunya
 hal yang konstan adalah perubahan. Bersama waktu, kebutuhan dan minat 
Anda berubah seiring Anda bertumbuh dan berkembang. Sebuah informasi 
yang pernah sangat penting bisa saja sekarang berubah menjadi tidak 
diperlukan atau malah mengganggu, sementara informasi yang tidanya tidak
 berguna sama sekali bias berubah menjadi informasi penting. Seiring 
meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau bisnis, Anda mungkin perlu
 menata ulang atau mendistribusikan ulang informasi tersebut untuk 
mencatatnya. Anda mungkin tahu bahwa Anda harus membeli rak baru, folder
 file baru, atau bahkan satu set kabinet file baru untuk menampung 
bidang yang anda minati. Hal yang sama terjadi pada database Anda.
I. Memilih field dan Record
Anda harus memikih data yang ada sebelum melakukan editingpada sebuah jendela data sheet untuk emilih data atau record pada
 sebuah jendela data sheet dapat Anda lakukan dengan menggunakan 
beberapa cara untuk lebih jelasnya lihat pada daftar dibawah ini
   | 
Untuk memilih | 
Perintah | 
   | 
• Sebuah sel | 
Klik pada   posisi sel tersebut 
 | 
   | 
• Beberapa sel | 
Drag drop   pointer pada sisi kiri sel terbut sampai melintasi bebrapa sel yang ingin   Anda pilih 
 | 
   | 
• Sebuah Kolom | 
Klik pada   pisisi celektor Kolom 
 | 
   | 
• Beberapa   Kolom | 
Drag drop   Pointer pada pisisi celektor Kolom 
 | 
   | 
• Sebuah record | 
Klik pada   pisisi celektor baris 
 | 
   | 
• Bebrapa record | 
Drag drop   Pointer pada pisisi celektor baris 
 | 
   | 
• Semua Record | 
• Klik tombol   select all yang ada pada selector baris 
• Pilih   perintah select All Record dari menu Edit 
• Tekan   kombinasi tombol Ctrl + A 
 | 
II. Memindahkan Insertion Point
Untuk
 memindahkan Insertion Point dapat menggunakan pasilitas yang ada di 
perintah Go To  dari menu Edit . Anak panah atas, anak panah bawah Page 
Up Page Down atau menggunakan Vertikal scroll Bar untuk memindah data Record dalam sebuah data sheet selain itu Anda dapat juga memindah posisi Record Aktif
 dengan memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela 
data Sheet sebuah tabel perhatikan tabel berikut Pindah Ke klik Awal record First Record Akhir record Last record Record Sebelumnya Previus Record Record beruikutnaya Next Record Record Baru New Record Record tertentu Atau tekan tombol F5 atau ketik nomoer Record yang Anda inginkan dan lanjutkan dengan menekan tombol enter
III. Dengan menambahkan record
1.    Jika
 kita memiliki data baru dalam arti pendaftar baru maka kita dapat 
mengupdate database kita dengan menambahkan data tersebut dapat melalui 
queries maupun melalui form.
2.    Update
 melalui gueris, buka file kemudian buka queries lalu masukan data baru 
3. Update melalui Form caranya sama dengan saat entry pertama kali.
B. Dengan Membahkan Field
- Buka      file - Pilih Table Daftar
- Pilih      Design View
- Sisipkan      field baru (Contoh Nama_ortu) caranya sama dengan membuat field pertama      kali.
- Klik      Field Ket - Klik Menu Insert - rows
- Masukan      nama field baru (contoh Asal_skl)
- Kemudian      klik close dan Save OK
- Untuk      menampilkan di queries, Klik Objects - pilih Nilai - klik - design      akan tampil jendela
- Pilih      Field yang akan disisipi field baru kemudian klik insert – klik-columns
- Pada
      gambar diatas terbentuk columns kosong, lalu masukan field baru 
(Contoh      Asl_skl) dengan mengklik panah drop down pada lalu pilih 
Asl_skl
- Kemudian      klik close - Save - OK
- Setelah      selesai Anda dapat memasukan data berikutnya, sama seperti insert data      awal.
Ø  MELAKUKAN DELETE DATA
A. Menghapus Record
Anda dapat menghapus satu atau lebih Record dalam tabel pada tampilan data Sheetview . Prosedur yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut :
1.    Didalam jendela data Sheet pilih Record yang ingin Anda hapus dan berikan salah satu perintah berikut :
- Pilih      perintah menu Delete dari menu Edit
- Tekan      tombol Delete Record pada bagian Toolbar atau,
- Tekan      Tombol Del yang ada di Keyboard atau,
- Klik      Kanan Record yang ingin Anda hapus dari daftar pilihan menu yang tampil      plih perintah delete Record.
2.    Setelah
 Anda berikan salah satu perintah diatas maka akan tampil kotak 
Konfirmasi pilih Yes apabila Anda benar-benar ingin menghapus Record dan tombol No apabila ingin membatalkan proses penghapusan.
Ø  MENGECEK HASIL ENTRY DATA
·      Setelah
 data dimasukkan program database diperiksa proses pemindahan dan 
pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau intruksi kerja
·      Memilah hasil pemindahan dan pemasukan data sesuai dengan prosedur dan intruksi kerja.
·      Mengidentifikasi keberhasilan pemindahan dan pemasukan data kedalam
·      program data base dari file data ke media penyimpan data
Ø  MENGISI CHECK LIST ENTRY DATA
·      Mengidentifikasi langkah-langkah operasional dan keberhasilan proses pemindahan dan pemasukan data
·      Mengatur
 Design Report dalam sebuah lembar kerja Preview mengubah teks-teks yang
 terdapat didalam lembar kertja design tersebut agar menjadi diskristif 
dan memindahkan label sehingga dapat tampil sejajar dengan Ctrl – Ctrl 
yang lain.
·      Menambahkan bebrapa informasi lain dibagian Footer.
.
BAB III
PENUTUP
Demikian
 makalah ini dapat diselesaikan. Kepada semua pihak yang telah membantu 
penyusunan makalah ini penulis ucapkan terima kasih. Dan diharapkan 
dapat dipahami oleh pembaca. Sehingga pembaca tersebut dapat menambah 
wawasan dan pengetahuannya. Penulis ucapkan puji syukur atas kehadirat 
Tuhan Yang Maha Esa, karenanya penulis dapat menyelesaikan makalah ini. 
Semoga makalah ini berguna bagi para pembaca.
1.Kesimpulan
MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara
Task bar Windows 95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start –
Program – Pilih – Program MS-Access .
LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan
tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data
base baru dengan dua cara
1. Blank Access Database
2. Access database Wizards. Pages end Projects dan adalagi pilihan
yang disediakan yaitu
3. Open Existing File.
MEMBUKA FILE DATABASE
Membuka file database MS Access berarti membuka file yang pernah
dibuat dan disimpan sebelumnya selain membuka jendela database yang
pernah dibuat sebelumnya Anda bisa membuka jendela database baru
yang masih kosong caranya dengan memberi perintah Klik menu file
pilih New atau pada Toolbars klik tombol news seperti berikut
MENUTUP FILE DATABASE
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file database MS Access maka
sebelum menutup file simpan seluruh data yang pernah Anda
MENUTUP PROGRAM MS ACCESS
Menutup program MS Access berarti keluar dari program MS Access
untuk dari program tersebut langkahnya sebagai berikut :
Klik menu File pilih Exit
MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKAN.
Membuat Tabel
MENGGUNAKAN MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN DATA MASUKAN.
INPUT DATA RECORD
Setelah mengatur semua ketentuan dalam sebuah desain table adalah
memasukan data Record yang dapat dilakukan dengan memalui jendela
Data Sheet View dari sebuah table selain itu dapat juga melakukan
proses Editting dengan menyunting data yaitu proses penambahan data
record , memindah data Record, menyalin Data Record ataupun
menghapus data record
MENGECEK HASIL ENTRY DATA
Setelah data dimasukkan program database diperiksa proses
pemindahan dan pemasukan data apakah sesuai dengan prosedur atau
intruksi kerja
MENGISI CHECK LIST ENTRY DATA
Mengidentifikasi langkah-langkah operasional dan keberhasilan proses
pemindahan dan pemasukan data
2.Saran
Saya
 menyarankan bagi anda yang hanya mau belajar dan memakai database untuk
 jaringan local (lab.komputer,warnet,dan perkantoran) sebaiknya pakai 
Ms.acces karena mempunyai tampilan yang bagus dan lebih mudah 
penggunaannya 
DAFTAR PUSTAKA
wikipedia
gunadarma.ac.id
ilmukomputer.org
Microsoft_Access.htm
sejarah-microsoft-access.html
Wordpress
hennyika.